Tips Keamanan Berkendara

Tips Keamanan Berkendara is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at Mei 02, 2019 upload by Carakini in Otomotif.

, Tips Keamanan Berkendara, Cara Kini

You can download Tips Keamanan Berkendara in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.

Ini Dia Tips Keamanan Berkendara dengan Kendaraan Bermotor

Berkendara dengan aman Menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian sudah menjadi aktivitas rutin banyak masyarakat Indonesia. Baik kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4 sudah sangat lazim ditemui di jalan-jalan protokol berbagai kota Indonesia. Bepergian dengan kendaraan pribadi ini memang memberikan banyak kemudahan baik dari segi fleksibilitas maupun biaya yang dikeluarkan.

Salah satu aspek yang harus sangat diperhatikan selama berkendara adalah aspek keamanan. Sudah bukan rahasia umum jikalau sudah ada banyak nyawa melayang di jalanan baik akibat kelalaian sendiri, kelalaian orang lain maupun alasan lainnya. Kejadian yang tidak diinginkan ini bisa diantisipasi dengan melakukan langkah-langkah berkendara yang aman.

Tips Keamanan Berkendarayang Perlu Diikuti Oleh Setiap Pengendara Kendaraan Bermotor

Banyak orang yang sudah mampu mengendarai kendaraan bermotor seperti sepeda motor maupun mobil namun sayangnya belum semuanya paham betul dengan aturan berkendara yang semestinya. Berkendara di jalanan bukanlah sebuah tindakan main-main karena jika tidak dilakuakan dengan benar nyawa diri sendiri dan orang lain bisa terancam. Berikut ini beberapa tips keamanan berkendarayang sebaiknya Anda ikuti:

  • Gunakan perlengkapan pengamanan

Banyak orang yang enggan menggunakan helm ketika bepergian dalam jarak yang dekat atau masih di sekitar komplek tempat tinggal. Alasan beberapa orang tentu karena tidak ada polisi yang berjaga.

Tapi fungsi dari helm ini utamanya adalah untuk melindungi kepala dari benturan maupun kejadian tak diinginkan lainnya. Artinya sedekat apapun jarak Anda bepergian kepala Anda tentu harus selalu terlindungi dengan baik. Kesadaran untuk melindungi diri selama bepergian dengan kendaraan bermotor ini masih sangat perlu untuk ditingkatkan di tanah air.

Selain helm masih ada perlengkapan keamanan lainnya seperti sepatur tertutup, jaket, masker dan masih banyak lagi. Semua perlengkapan keamanan tersebut fungsinya tidak lain adalah untuk melindungi tubuh pengendara dari benturan ataupun kecelakaan sehingga kalau Anda sadar dengan keselamatan diri sendiri maka sudah seharusnya Anda sadar untuk menggunakan alat kelengkapan tersebut.

  • Bawa surat-surat resmi

Setiap kendaraan tentu memiliki surat resmi yang berupa STNK atau surat tanda nomor kendaraan. Surat ini menunjukkan identitas dari pemilik motor dan menunjukkan bahwa motor ini didapatkan dengan legal karena terdapat surat resmi yang menyertainya. Tidak hanya STNK setiap pengendara kendaraan bermotor juga wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Surat resmi ini akan sangat diperlukan ketika anda bertemu dengan razia polisi maupun semacanya.

Surat izin mengemudi sendiri menunjukkan bahwa pengendara memang suadh mendapatkan pengakuan atas kemampuan dan keterampilannya dalam menjalankan kendaraan jenis tertentu.

  • Berkendara dalam kecepatan normal sesuai dengan medan yang ditempuh

Tips aman berkendara selanjutnya adalah dengan tidak berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi. Anda bisa menyesuaikan kecepatan dengan aturan yang berlaku.  Di jalan tol contohnya umumnya ada batasan minimal dan maksimal dalam berkendara. Batasan tersebut tentunya dibuat dengan tujuan keselamatan seluruh pengemudi yang melalui jalanan tersebut.

Biasakan untuk berkendara dengan kecepatan normal di jalanan yang ramai. Berkendara terlalu cepat dapat mengancam risiko keamanan pribadi maupun orang lain sesama pengguna jalan lainnya.

  • Pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan lengkap

Kodnisi kendaraan juga dapat sangat berpengaruh terhadap keamanan selama berkendara. Sebelum berkendara pastikan untuk mengecek dulu kondisi kendaraan Anda. Pastikan seluruh komponen berada dalam kondisi yang baik dan lengkap.

Kelengkapan ini diantaranya meliputi kebedaraan spion, lampu depan dan belakang, lampu rem dan masih banyak lagi. Anda perlu selalu menjaga kondisi kendaraan bermotor dengan rutin melakuakn tindakan servis. Servis rutin ini bisa meminimalisir terjadinya kerusakan dan bisa membantu mempertahankan kondisi kendaraan tetap prima setiap tahunnya.

  • Selalu jaga jarak aman selama berkendara

Menjaga jarak dengan kendaraan di depan selama berkendara adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengguna jalan. Menjaga jarak ini memberikan kesempatan pengendara untuk melakukan pengereman apabila pengendara di depannya berhenti tiba-tiba ataupun ada suatu hal yang terjadi di bagian depan kendaraan. Jadi, lihatlah sekitar agar Anda bisa menjaga jarak kendaraan dengan aman.

  • Selalu fokus dan waspada

Fokus adalah hal yang mutlak diperlukan selama berkendara. Pastikan Anda berkendara dalam kondisi pikiran yang jernih. Hindari melamun selama berkendara karena dapat menghilangkan fokus Anda dan berisiko pada keselatan diri Anda dan penumpang. Setiap pengendara kendaraaan baik roda 2,4 maupun kendaraan jenis lainnya wajib untuk tetap waspada sehingga bisa memberikan respon cepat dan tepat ketika terjadi sesuatu.

  • Tidak menggunakan ponsel selama berkendara

Mengoperasikan telepon seluler untuk menelepon maupun membalas pesan singkat selama berkendara menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi. Jangan pertaruhkan nyawa Anda hanya untuk membalas sebuah pesan singkat atau membuat panggilan telepon. Biasakan menepi ketika ingin melepon atau mengirim pesan. Menggunakan ponsel selama berkendara bisa membagi atau bahkan menghilangkan fokus Anda ke jalanan dan kondisi sekitar yang sedang Anda lalui.

  • Istirahat jika mengantuk

Jangan paksakan diri untuk terus berkendara ketika kondisi tubuh sedang mengantuk. Apapun jenis kendaraan Anda lebih baik menepi dan carilah tempat beristirahat ketika Anda sudah mulai mengantuk. Istirahatkan tubuh sesaat atau coba konsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat tubuh kembali segar.

Senantiasa menjaga keamanan berkendara adalah tindakan kecil yang bisa berdampak besar bagi diri sendiri dan orang lain. Biasakan untuk berkendara dengan tertib sesuai aturan yang ada dan hargai hak orang lain sebagai sesama pengguna jalan.

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)